APPSI: Pedagang Siap Mogok dan Gelar Demonstrasi Jika Pemerintah Berlakukan Pajak Sembako

Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ferry Juliantono menegaskan, para pedagang siap mogok berjualan dan menggelar demonstrasi apabila pemerintah mengenakan pajak pertambahan nilai atau PPN terhadap kebutuhan pokok atau sembako. Wacana tersebut mengemuka dalam draf Revisi Undang Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) yang beredar di publik. Hal itu disampaikannya dalam diskusi Polemik bertajuk 'Publik Teriak Sembako Dipajak' secara virtual, Sabtu (12/6/2021).

"Kalau pemerintahnya mengajukan Rancangan Undang Undang, kita siap siap menggunakan hak konstitusi kita pemogokan dan demonstrasi," kata Ferry. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menyebut wacana yang disusun pemerintah tersebut merupakan rencana yang kejam. Sebab, wacana muncul saat kondisi perekonomian sedang tertekan karena krisis pandemi Covid 19.

Alih alih mengenakan pajak sembako, Ferry meminta pemerintah membuat terobosan lain untuk meningkatkan potensi pendapatan negara. Dia menyarankan pemerintah lebih kreatif. "Ini bahaya sekali. Apalagi sekarang mal mal tutup, hypermarket tutup, retail tutup. Jadi pasar pasar (tradisional) inilah yang menjadi benteng pertahanan di bawah, yang tetep bisa menyediakan barang ke masyarkat," pungkas Ferry.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Fakta-fakta Jerinx Bebas dari Penjara: Tak Ada Perlakuan Khusus hingga Langsung Lakukan Melukat
Next post Ramalan Zodiak Senin 21 Juni 2021: Leo Berhasil dalam Hal Asmara, Gemini Manfaatkan Kreativitasnya